Management Trainee posisi favorite para fresh graduate


Teman-teman pada sering melihat tulisan Management Trainee (MT) di beberapa lowongan kerja. Sebenarnya apa sih MT? 

Mungkin artikel ini bisa sedikit membantu memberikan gambaran apakah MT itu ... monggo disimak vro sist,,,

Jadi Management Trainee (MT) adalah suatu program yang di dalamnya kita diposisikan untuk mengetahui seluk beluk suatu perusahaan. Dilihat dari kata Trainee, jadi pada dasarnya kita akan ditraining, biasanya si perusahaan akan memberikan training bermacam2 hal yang perusahaan itu sudah bayar mahal untuk mengadakan training tersebut. Jadi ntar kita seperti kuliah ditraining, kadang dikasi kerjaan dan kita tetep digaji lho (enak kan, ud dpt ilmu, dibayar lagi) tapi biasanya istilahnya uang saku yang mungkin nominalnya belum terlalu besar seperti yang kita harapkan. Biasanya training ini selama setahun, tergantung perusahaannya juga, kadang ada yang cuma 6 bulan. Selama training ini juga ada evaluasi / penilaian tiap2 MT, dirangking (makanya saya bilang seperti kuliah), yang hasilnya sebagai rekomendasi perkembangan karir pada saat kontrak/ikatan kerja nanti setelah training.

Jadi nanti setelah mendapatkan training kita akan dikontrak (biasanya gaji udah gede nih sekitar Rp 5-6 juta), kadang ada yang diikat kontrak kerja 2 thn minimal (tergantung perusahaannya juga). Jadi memang dari awal sudah teken kontrak, makanya habis training kita gak bisa resign dari perusahaan itu karena harus bayar pinalti, biasanya sih pinalti kenanya diatas 100 juta-an (udah kayak biaya nikah aje ...). Pokoknya bisa lolos ke jenjang jabatan KT, masa depan cerah insha Allah, perkembangan karirnya bisa cepet, kita dibentuk untuk jadi manajer atau gampangannya kita ini Perwira.

Kadang ada juga lowongan yg nyebutin Officer Development Programme (ODP), ini sebenarnya juga sama seperti MT. Intinya gan, kalo ada lowongan dengan kata Trainee / Development Programme tu kita nantinya ditraining, got it ?

Akhir-akhir ini banyak juga lowongan MT atau ODP, tapi kadang ada perusahaan yang nyebutin langsung MT-Marketing, jadi kita ditraining khusus dalam bidang marketing (manajer marketing). So, temen2 kalo tertarik MT liat2 perusahaannya juga, ntar kalo perusahaannya g jelas, MT-nya programnya juga g jelas..Jadi kudu hati2 juga, liat seksama lowongannya, dilihat dulu profil perusahaan (gede/kecil, walaupun tergantung pilihan kita), dilihat jobdes dan kualifikasinya, mungkin aja di kualifikasinya disebutkan "tertarik di bidang sales/marketing" atau "berorientasi pada target" nah tuh bisa jadi MT untuk marketing, tapi buat temen2 yang suka+minat marketing g masalah, no probem, jadi kita sesuaiin minat kita jg, ok bro?

Nah, kalo mbah kaskus sama mbah gugel artinya MT atau ODP ini nih :

MT merupakan proses rekruitmen dan pencarian sumber daya manusia dengan kualitas tertentu dalam bidang tertentu, yang dilatih untuk ‘menduduki’ posisi kunci dalam sebuah perusahaan. Kebanyakan yang direkrut untuk menjadi MT adalah para lulusan baru (fresh graduate). Menurut Inge Santoso, seorang trainer yang biasa memberikan pelatihan di sejumlah perusahaan besar, yang ditekankan pada MT adalah aspek psikologis. Para peserta pelatihan, katanya, biasanya tidak melihat potensi besar yang mereka miliki. ‘’Tugas kami di sini menyadarkan mereka untuk melihat potensi terpendam mereka,’’ ujarnya.

Management Trainee (atau biasa disingkat MT), adalah suatu program pengembangan untuk karyawan baru yang mengikuti seleksi melalui jalur khusus Disebut khusus, karena jalur ini memiliki kriteria yang lebih tinggi bahkan bisa dibilang sangat tinggi jika dibanding jalur seleksi penerimaan karyawan baru yang biasa. Setelah dinyatakan lulus tahap seleksi yang bisa mencakup interview, psikotes, Focused-Group Discussion, Role-play, presentasi, atau lainnya. Anda akan diikutkan dalam program training yang berhubungan dengan perusahaan dan bidang kerjanya. Training umumnya berlangsung antara setengah hingga satu tahun, bisa lebih bisa juga kurang. Isi program training ini seperti kembali mengikuti kuliah. Ada yang sifatnya belajar di dalam kelas dan ada yang berupa kerja praktek atau on-the-job-training. Selama masa training, bukan berarti posisi Anda aman sebagai peserta MT. Anda tetap harus bersaing dengan peserta-peserta lain dan menunjukkan performa yang unggul. Biasanya akan ada review berkala mengenai setiap peserta. Jika dipandang bahwa performanya kurang baik, ada saja kemungkinan Anda tidak bisa lanjut mengikuti program MT ini.

So, gimana, sudah tergambar kan apa itu MT atau ODP ? Yang jelas, output dari sistem seleksi pekerjaan dengan teknik ODP atau MT ini nantinya adalah calon pemimpin perusahaan, calon pemimpin yang berkualitas karena mendapatkan pendidikan penuh dari perusahaan.

Kalo kamu mendaftar untuk posisi/jabatan MT atau ODP ini, kudu bener bener dipersiapkan ya vro sist, gud luck yaaaa.....

 



cari kerja jadi lebih mudah di relasio.com