5 Persiapan Wawancara Kerja yang Harus Diperhatikan


Wawancara kerja adalah tahapan yang akan dilewati oleh siapa pun yang sedang dalam proses pencarian kerja dan sudah lolos tahap penyeleksian administrasi. Tahapan wawancara sangatlah penting karena merupakan yang paling menentukan apakah seorang pelamar akan diterima atau tidak di perusahaan yang dilamar. Banyak sekali orang yang gagal di tahap ini karena kurang persiapan dan pengalaman. Maka dari itu, tahapan ini perlu sekali sebuah persiapan yang sangat matang sebelum dilakukan. Persiapan wawancara kerja bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum tahapan ini dilakukan. Hal ini mengingat banyak sekali hal yang harus dipersiapkan agar wawancara berjalan lancar dan hasilnya yang diperoleh bisa sesuai dengan yang diharapkan. Di bawah ini adalah daftar beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika akan menghadapi wawancara kerja.

 

1. Menyalin semua dokumen

Persiapan wawancara kerja yang pertama adalah mempersiapakan semua dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk salinan kopi. Dokumen yang dibawa biasanya tidak jauh-jauh dari CV, surat lamaran, identitas diri, ijazah, transkrip nilai, dan masih banyak lagi. Hal ini tidak wajib karena tidak semua perusahaan mempunyai aturan seperti itu. Tanyakan terlebih dahulu kepada pihak perusaahan mengenai apa-apa saja yang harus dibawa pada saat melakukan tahap wawancara. Jika tidak diwajibkan, tidak ada salahnya untuk membawa satu salinan karena ada saja perusahaan yang meminta untuk meninggalkan dokumen Anda untuk kepentingan personalia. 

 

2. Memilih pakaian yang terbaik

Pakaian adalah salah satu persiapan wawancara kerja yang harus dilakukan dengan hati-hati karena hal ini akan menjadi penilaian secara kasat mata dan menjadikan kesan pertama bagi yang akan memwawancara. Pilihlah baju yang formal dan rapi dengan warna yang netral. Kemeja adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dipakai pada saat wawancara. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa juga untuk membawa baju ekstra. Banyak hal yang bisa saja terjadi sebelum wawancara dilakukan seperti keringat yang berlebihan karena terlalu gugup, noda dari makanan, ataupun debu jalanan. Usahakan untuk membawa jenis pakaian yang sama dengan yang sedang dipakai.

 

3. Informasi mengenai tempat wawancara

Cari informasi mengenai tempat wawancara terlebih dahulu beberapa hari sebelum pelaksanaanya. Jika lokasinya berada di luar kota, Anda bisa memanfaatkan fasilitas google Maps untuk mencari di mana Anda akan wawancara. Jika memang dekat dengan daerah Anda tinggal, tidak ada salahnya untuk langsung mengunjungi tempatnya sambil memeprhitungkan juga waktu yang akan ditempuh dalam perjalanan. Untuk daerah yang belum Anda kenal, catat beberapa patokan yang bisa mempermudah perjalanan menuju lokasi. Jangan lupa juga untuk menyimpan kontak pewawancara untuk berjaga-jaga jika sesuatu terjadi sehingga Anda bisa langsung mengabarinya.

 

4. Mengumpulkan informasi mengnai perusahaan

Mencari informasi mengenai perusahaan sebanyak-banyaknya merupakan salah satu persiapan wawancara kerja yang harus dilakukan. Kegiatan ini dapat membantu pelamar kerja pada saat menjawab pertanyaan seputar perusahaan. Pertanyaan seputar perusahaan merupakan salah satu yang paling umum sehingga siapa pun wajib mengetahuinya. Selain itu, mengusai profil perusahaan akan menjadi nilai tambah karena Anda akan terkesan mempunyai niat yang lebih untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

 

5. Menyiapkan daftar pertanyaan

Persiapan wawancara kerja yang terakhir adalah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan umum dan jawaban yang akan Anda berikan. Jangan sampai Anda tidak menjawab apa-apa pada saat ditanyai mengenai suatu hal yang umum karena akan mempengaruhi penilaian.



cari kerja jadi lebih mudah di relasio.com