Batu Loncatan di Tempat kerja Bagi Karyawan Baru


Bagi yang baru saja diterima kerja dan merasakan pengalaman yang sebenernya sedikit tidak nyaman, keadaan di tempat kerja memang terasa begitu sulit dan perasaan ingin berhenti di hari-hari awal pasti akan muncul.  Untuk yang merasakan hal seperti itu, jangan khawatir dan jangan juga menyerah begitu saja. Kejadian-kejadian tersebut bisa menjadi batu loncatan di tempat kerja yang akan membantu kalian tumbuh dan berkembang dalam menjalani karir. Untuk membahas hal ini lebih lanjut, di bawah ini akan dibahas beberapa momen yang bisa dijadikan batu loncatan di tempat kerja terutama untuk para pegawai baru.

1. Mendapatkan pelajaran baru
Pekerjaan baru berarti juga lingkungan dan budaya kerja baru. Di tempat yang semuanya baru jadikanlah semua pengalaman yang dialami sebagai pelajaran yang dapat dijadikan batu loncatan di tempat kerja. Ritme kerja yang harus disesuaikan dan budaya yang harus diadaptasi tidak membuat semuanya dilihat sebagai kesulitan yang akan menghalangi performa Anda. Berada di lingkungan yang serba baru akan melatih diri Anda untuk menjadi lebih fleksibel dalam kondisi apapun. Hal ini sangat membantu jika suatu hari nanti Anda pindah posisi ataupun naik jabatan dan akan bertemu dengan orang dan lingkungan yang baru lagi.

2. Siap mengerjakan apapun
Salah satu hal yang terjadi kepada karyawan baru adalah mengerjakan semua hal yang terkadang tidak sesuai denga jobdescnya masing-masing. Hal ini cukup wajar dan tidak akan berlangsung lama dan sering. Jadikan kesempatan ini sebagai batu loncatan di tempat kerja karena setidaknya Anda akan bertemu dengan lebih banyak orang dan mengetahui seluk-beluk pekerjaan dan perusahaan lebi dalam. Jangan melihat ini sebagai beban tetapi kesempatan berharga yang tidak semua orang bisa
mendapatkannya. 

3. Senioritas
Senoritas adalah hal lumrah di dalam tingkatan pekerjaan. Beberapa senior mungkin saja akan memperlakukan Anda secara berbeda karena tidak semua akan ramah dengan orang baru. Senioritas banyak terjadi di perusahaan yang memiliki karyawan dalam jumlah banyak. Jadikan pengalaman berada di bawah kendali senioritas sebagai batu loncatan di tempat kerja yang akan melatih Anda dalam hal kesabaran dan juga sebagai lecutan semangat untuk membuktikan bahwa Anda bisa melakukan lebih baik dari yang dipikirkan oleh senior tersebut.

4. Belajar berorganisasi
Lingkungan kerja adalah tempat yang cocok untuk mengaplikasikan ilmu mengenai organisasi yang sudah didapat di bangku kuliah. Setiap perusahaan pasti mempunyai struktur organisasi yang jelas dengan pembagian masing-masing pekerjaan yang sudah tepat juga. Belajar berorganisasi dapat menjadi batu loncatan di tempat kerja agar lebih tahu lagi tentang birokrasi perusahaan agar lebih mudah dalam mengurusi beberapa urusan yang ada sangkut pautnya dengan birokrasi perusahaan.

5. Menemukan teman baru
Teman baru juga bisa menjadi batu loncatan di tempat kerja. Teman yang memilki pengalaman dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan dan memberikan saran bagaimana cara kerja yang baik dan efektif. Mendapatkan teman baru berarti juga menambah jaringan yang mungkin saja bisa menguntungkan Anda di masa depan. Teman yang mempunyai nasib sama sebagai karyawan baru akan cenderung lebih kompak untuk diminta melakukan kerja sama. Hal ini bisa menjadi faktor yang akan mempermudah rutinitas yang dijalanai selama jam kantor masih berlangsung. Carilah teman sebanyak-banyaknya agar Anda pun merasa nyaman dan juga senang selama kerja di perusahaan tersebut.


cari kerja jadi lebih mudah di relasio.com