Tips and trick lolos Wawancara Kerja yang Biasa Digunakan


Siapa pun yang sedang dalam proses pencarian kerja dan sudah lolos tahap penyeleksian administrasi akan menghadapi wawancara kerja sebagai proses seleksi berikutnya. Tahapan ini sangatlah krusial karena merupakan penentu bagi seorang pelamar apakah dia akan diterima atau tidak di perusahaan yang dilamar. Sudah banyak yang gagal pada tahapan sehingga wawancara menjadi momok yang sangat menakutkan bagi pelamar yang kurang persiapan maupun kurang pengalaman. Maka dari itu, dibutuhkan beberapa tips lolos wawancara kerja yang harus dipelajari dan dilakukan agarsemuanya berjalan mulus dan hasilnya tidak mengecewakan. 

Tips lolos wawancara kerja bisa dicari sejak jauh-jauh hari sebelum wawancaranya dilakukan Hal tersebut dikarenakan banyak sekali hal yang harus dipelajari agar tahapan ini bisa dilakukan dengan baik dan hasilnya pun bisa memuaskan terlepas apa keputusan akhir si perusahaan itu. Di bawah ini akan dibahas beberapa hal yang bisa Anda pelajari jika akan menghadapi wawancara kerja.

 

1. Ketahui apa motivasi Anda bekerja

Mengingkapkan motivasi bekerja dengan baik dapat menjadi salah satu tips lolos wawancara kerja. Hal ini karena motivasi adalah salah satu hal terpenting yang akan mempengaruhi juga kinerja sang kandidat nantinya. Pertanyaan biasanya bisa bermacam-macam tetapi semuanya akan terdengar kurang lebih seperti pertanyaan “Kenapa ingin bergabung dengan perusahaan ini?”. Tentu saja jawaban harus disampaikan dengan lugas dan penuh percaya diri agar sang pewawancara pun yakin bahwa Anda benar-benar ingin bekerja diperusahaan tersebut. Anda bisa memberikan jawaban secara teoritis dan jawaban yang bersifat membangun dang mengembangkan bagi perusahaan tersebut.

 

2. Rencana di Masa Depan

apa yang akan Anda lakukan di masa depan biasanya juga menjadi salah satu pertanyaan dalam proses wawancara. Pertanyaan ini, tentunya, harus dijawab dengan tepat dan jelas. Selain itu jawaban harus kosisten dan relevant dengan apa yang Anda lakuka saat ini. Usahakan untuk menjawab dengan satu tujuan. Maksudnya jangan sampai tidak menjawab ataupun menhawa denga jawaban “Ingin menjalani dulu yang ada” atau “lihat ke depannya saja nanti”. Jawaban tersebut bukanlah yang diharapkan keluar dari seorang kandidat. Cobalah untuk memberikan jawaban yang mengulas tentang kontribusi yang sudah Anda rencanakan baik bagi perusahaan ataupun bidang yang Anda minati karena ini adalah tips lolos wawancara kerja.


3. Menanyakan Gaji

Informasi mengenai gaji merupakan salah satu yang harus dimiliki oleh kandidat. Data tersebut bisa menjadi salah satu tips lolos wawancara kerja. Jika Anda mengajukan penawaran yang terlalu tinggi maka perusahaan pun biasanya akan kurang menyukai Anda. Walaupun pun begitu, jangamn juga Anda menawarkan gaji yang terlalu rendah karena akan menimbulkan kesan bahwa Anda tidak percaya dengan segala kemampuan dan pengalaman yang Anda peroleh. 

 

4. Sudah mengetahui pekerjaan yang akan dilakukan jika lolos

Tahapan wawancara biasanya juga mengetes pengetahuan mengenai bidang yang akan menjadi pekerjaan Anda. Hal ini sangat perlu agar bisa menjalin komunikasi dengan pewawancara selama wawancara berlangsung. Anda bisa mencari informasi mengenai pekerjaan di situsnya langsung atau artikel-artikel lain di internet.

5. Skill dan Tingkah Laku

Kemampuan berbeda yang dimilki setiap orang  mengaruskan seseorang untuk melamar sesuai kemampuan yang dimiliki. Hal ini akan menjadi salah satu penentu apakah seseorang layak dipkerjakan atau tidak.  Kemampuan yang mumpuni juga harus dibarengi dengan tingkah laku yang baik juga. Hal ini menjadi salah satu poin penting penilaian



cari kerja jadi lebih mudah di relasio.com