5 Karakteristik tim yang sukses menurut penelitian google selama 2 tahun


Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah melakukan sejumlah penelitian untuk mengenali karakter para pemimpin terbaik, yang berperan dalam meningkatkan efektvitas tim di dalam perusahaannya.  Salah satunya adalah Project Aristotle. Beberapa proyek tersebut dilakukan untuk mengetahui kenapa sebagian tim lebih unggul, sementara tim lain tertinggal.

Sebelum penelitian tersebut, para eksekutif di Google percaya bahwa membangun tim terbaik berarti mengumpulkan orang-orang terbaik. Masuk akal tentunya. Anda tentu setuju bahwa tim yang sempurna terdiri dari teknisi terbaik, orang-orang dengaan gelar MBA, atau bahwa Ph.D, benar? Ternyata, menurut manager analitik Google – Julia Rozovsky, pendapat tersebut salah total!

Project Aristotle terhadap 180 Tim di Google

Project Aristotle dipimpin oleh Abeer Dubey, Director of People Analytics (HR) di Google. Karena ingin melihat hasil dari perpaduan antara keahlian, latar belakang, dan sikap dalam sebuah tim super, Dubey merekrut sejumlah ahli statistik, psikolog kelembagaan, sosiolog, teknisi, dan para peneliti untuk membantunya. Salah satu anggota tim super tersebut adalah Rozovsky.

Selama 2 tahun, Project Aristotle berhasil meneliti 180 tim yang ada di Google, melakukan lebih dari 200 wawancara, dan menganalisa lebih dari 250 atribut tim yang berbeda-beda. Sayangnya, tidak ditemukan pola yang jelas terkait sifat dari tim-tim terbaik yang diteliti, hingga akhirnya Google mempertimbangkan beberapa aspek tak kasat mata (intangibles). 

Saat yang lain bekerja kerjas untuk mengetahui apa yang membuat sebuah tim bekerja, Rozovsky dan rekan-rekan (termasuk sejumlah psikologi dan sosiolog) lebih fokus meneliti “norma-norma kelompok” seperti tradisi, standard perilaku dan berbagai aturan tak tertulis yang mengatur fungsi tim saat mereka bersama. Norma tidak mesti tertulis, namun bisa berupa sesuatu yang diaki bersama. Namun biasanya, efek dari norma sangat mendalam.

Dengan sudut pandang yang berbeda, dipadukan dengan arahan sekelompok psikolog dari Carnegie Mellon, MIT, dan Union College, para peneliti yang tergabung dalam Project Aristotle mengumpulkan kembali data-data terkait norma dan nilai-nilai tak tertulis yang berlaku dalam tim. Dengan kata lain, mereka mengumpulkan data tentang setiap perilaku yang dapat meningkatkan kinerja suatu kelompok.

Rozovsku menjelaskan lima karakteristik utama yang dimiliki sebuah tim yang unggul di website Re:Work milik Google. Di antaranya adalah:

1. Independen (tidak terikat dengan apapun). Anggota tim bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu dan memenuhi kriteria yang diinginkan

2. Struktur dan Kejelasan. Tim yang unggul memiliki tujuan yang jelas, rencana yang jelas, serta pembagian peran yang jelas di dalam kelompok

3. Makna. Setiap pekerjaan berarti bagi setiap anggota dalam tim

4. Dampak. Tim percaya bahwa pekerjaan tersebut penting dan memberikan dampak positif bagi kebaikan semua. 

5. Keamanan psikologis. Bayangkan ada berada pada salah satu atau lebih kondisi berikut:

a. Anda menghadiri sebuah rapat. Karena takut orang lain menganggap anda tidak cakap, anda akhirnya batal bertanya dan menyampaikan ide yang anda miliki. Tentunya, sangat tidak nyaman berada di ligkungan di mana anda merasa kalau apapun yang anda lakukan selalu dibesar-besarkan

b. Bayangkan anda berada pada situasi yang berbeda, di mana setiap orang bisa mengambil resiko secara aman, bisa menyuarakan pendapat, dan bebas bertanya. Ini adalah suatu budaya di mana manager menyediakan ruang dan zona yang aman bagi karyawannya. Itulah keamanan psikologs.

Kesimpulan

Project Aristotle menyimpulkan bahwa tim yang bekerja di lingkungan yang aman secara psikologis cenderung memiliki karyawan yang lebih setia, dan menerima keanekaragaman. Pada akhirnya, tim seperti ini cenderung lebih berhasil. Membangun tim yang sempurna cenderung lebih subjektif. Sebaliknya, memfokuskan diri kepada 5 komponen di atas akan meningkatkan peluang anda membangun sebuah tim imppian.  

 

Sumber: 

http://inc-asean.com/grow/google-spent-2-years-studying-180-teams-successful-ones-shared-5-traits/?utm_source=inc&utm_medium=redir&utm_campaign=incredir

image : https://blog.ipleaders.in/

 



cari kerja jadi lebih mudah di relasio.com